Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Pancasila merupakan ideologi nasional negara Indonesia. Secara umum ideologi merupakan kumpulan gagasan, ide, keyakinan, kepercayaan yang menyeluruh serta sistematis yang menyangkut dan mengatur tingkah laku sekelompok manusia tertentu dalam berbagai bidang kehidupan politik, pertahanan, kemanan, sosial, kebudayaan, dan keagamaan.

Makna ideologi di Indonesia tercermin pada falsafah hidup dan kepribadian bangsa Indonesia, yaitu Pancasila. Karena, Pancasila mengandung nilai-nilai dan norma-norma yang oleh bangsa Indonesia di yakini paling benar. Pancasila sebagai ideologi negara tercantum dalam pembukaan UUD 1945, walaupun UUD 1945 telah mengalami beberapa kali perubahan (amandemen), Pancasila tetap menduduki posisi sebagai ideologi nasional dalam UUD 1945.

A. Pengertian Ideologi

Ideologi berasal dari Kata Yunani Idein artinya melihat dan logia yang berarti kata, ajaran. Ideologi secara praktis diartikan sebagai sistem dasar seseorang tentang nilai- nilai dan tujuan- tujuan serta sarana- sarana pokok untuk mencapainya.

Jika diterapkan untuk negara, maka ideologi diartikan sebagai kesatuan gagasan- gagasan dasar yang disusun secara sistematis dan dianggap menyeluruh tentang manusia dan kehidupannya, baik sebagai individu, sosial maupun dalam kehidupan bernegara.

B. Pancasila sebagai ideologi terbuka

Pancasila dilihat dari sifat- sifat dasarnya, dapat dikatakan sebagai ideologi terbuka. Pancasila Sebagai ideologi terbuka memiliki dimensi- dimensi idealitas, normatif dan realitas. Rumusan- rumusan pancasila sebagai ideologi terbuka bersifat umum, universal, sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUd 1945.

C. Perbandingan antara Ideologi Liberalisme, Komunisme dan pancasila

1. LIBERALISME

Ciri- ciri Liberalisme adalah sebagai berikut :

- Memiliki kecenderungan untuk mendukung perubahan

- Mempunyai kepercayaan terhadap nalar manusiawi

- Bersedia menggunakan pemerintah untuk meningkatkan kondisi manusiawi

- Mendukung kebebasan individu

- Bersikap ambivalen terhadap sifat manusia

Kelemahannya :

- Liberalisme buta terhadap kenyataan bahwa tidak semua orang kuat kedudukannnya

- Dan tidak semua orang kuat cita- citanya.

- Liberalisme melahirkan “Binatang Ekonomi” yaitu manusia yang hanya mementingkan keuntungan ekonomisnya sendiri.

2. KOMUNISME

Ada 3 ciri negara komunisme yaitu :

- Berdasarkan ideologi Marxisme- Laninisme, artinya bersifat materialis, ateis dan kolektivistik.

- Merupakan sistem kekuasaan satu partai atas seluruh rakyat

- Ekonomi komuis bersifat etatisme.

Ideologi komunisme bersifat absolutilasi dan determinisme, karena memberi perhatian yang sangat besar kepada kolektivitas atau masyarakat, kebebasan individu, hak milik pribadi tidak diberi tempat di negara komunis.

Setelah membandingkan kedua ciri di atas dengan paham negara RI yaitu Pancasila, amaka dapat disimpulkan bahwa pancasila sebagai ideologi memberi kedudukan seimbang kepada manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.


Teman-teman…….

Kunjungi BLOG RETNO yang lain DI SINI. Follow yaaa………. jangan lupa klik like juga di (^_^)

enjoy reading, keep blogging.

>>> KLIK DI SINI <<< cari nama RETNO DWI NINGSIH dan klik “like” di link yang aku pasang.

About these ads

67 thoughts on “Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

  1. ideologi terbuka? hmm.. mungkin yang lebih tepat ideologi universal ya.. jadi bisa diterima setiap ajaran-bangsa-paham, dan bukannya menerima ajaran-bangsa-paham kecuali untuk mengadaptasikannya

  2. hey there aku izin copy yaa postingannya. mau ulangn nih dan kalo dari buku nggak ngerti karena banyak basa basinya hehe. maksih banget ya postingannya :)

  3. shadow says:

    knp mesti pancasila???
    bkannya ada ideologi yg lebih baik dari semua ideologi buatan manusia?

    SYARIAT ISLAM…

    • ya… karena Indonesia bukanlah negara Islam. Khalifah juga sudah runtuh sejak bertahun-tahun lamanya.

      pengen sih pake syari’at Islam. tapi mesti disertai perjuangan yang luar biasa untuk menyamakan pandangan penduduk Indonesia. Seperti yang kita tahu di Indonesia ada 5 agama yang berbeda. bagaimana kalau hanya disetujui oleh satu agama saja?

      semua keputusan ini ada pro dan kontranya. do’akan saja agar Khilafah lahir kembali dan hukum Syari’at Islam dapat ditegakkan kembali. Amin…

      • eLtHoN says:

        Kalau mau pke Syari’at Islam diIndonesia, kan ngga susah jg sih.., tgl Lepaskan kaum yang bukan Islam aja koq…, da biarkan kaum islam aja yg ada di negara ini…

      • slamet says:

        wahai saudaraq Rosulloh ketika mendirikan negara di madinah tidak 100% muslim, bhkan hanya 30% penduduk madinah yang muslim. apakah hal itu tidak menjadikan kita berfikir.
        kewajiban syariat islam adalah tuntutan aqidah jika ngaku orang yang beriman. lihat (al Maidah : 50)

    • IDK. May be yes or may be no…

      saya pribadi lebih suka adanya peraturan yang tidak tertulis tapi jelas efeknya. pancasila is just reminder…

      bagaimana menurut anda?

  4. Ilya Ihrenberg says:

    Pancasila sudah bergeser ke arah neoliberalisme, saya rasa, sosialisme-komunisme jauh lebih relevan untuk menjawab kebutuhan masyarakat indonesia dewasa ini…….Banyak sekali moral dan nilai komunis yang positif

  5. pancasila? emang ideologi ini penting? buktinya hanya di bibir, lagipula pancasila hanya hasil pemikiran sekelompok orang yang dipaksakan agar umat islam menerimanya

    • retnodn says:

      i’m not really interesting about it.

      peraturan dibuat karena benar itu yang seharusnya dilakukan agar kehidupan kita jadi lebih baik. jadi kita ikuti saja “kebenaran” itu. urusan ada yang mau mentaati atau tidak ya itu tanggung jawab pribadi masing-masing.

    • iftirohatul says:

      maaf ikut coment, pancasila hanya di bibir itu krn salah kita sendiri sbg bangsa indonesia. Seharusnya kita belajar dan mengetahui apa sih nilai2 yg trkandung dalam pancasila. sehingga kita bisa menjalankannya. Selain tu, coba kita lihat sila pertama, “KETUHANAN YANG MAHA ESA” sesuai bukan, dengan syariat islam. Jadi perumusan pancasila itu tidak sembarangan.

  6. Rinna says:

    ak ma ta donk penjelasan / pengertian pancasila sebagai idiologi terbuka..
    tolong bantu ak..
    makasih…
    ,,,n_n,,,

    • Rinna says:

      maaf sebelum’n karna ak kurang terlalu mengerti…
      tetapi ak minta tolong yah …
      makasih…
      sekali lagi makasih

    • zhikran says:

      tolong jelasin apa pengertian dari pancasila sebagai ideologi terbuka dan tertutup beserta inti,kandungan dan hakekatnya. tolong dong.

  7. Roshinta Nawangsasy says:

    tolong cariin perbandingan ideologi pancasila dengan ideologi fasis donk..
    klo bs secepat’y..:)

  8. mau ngejawab nih yang soal kenapa kok pancasila jadi dasar negara, soalnya itu yang mencerminkan kepribadian bangsa kita, kelima sila dalam pancasila itu sudah merupakan pedoman kehidupan berbangsa yang terbaik dari semua gagasan yang dikeluarkan oleh para pemikir kita pada jaman dahulu, seharusnya kita bersyukur aja. karena kita kan emang ndak muslim semua, jadi disesuaikan sama situasi dan kondisi bangsa Indonesia pada saat itu. gitu,, semoga bermanfaat ya. aaamiiinn ^-^

  9. aku mau bagi-bagi ilmu sedikit dari buku buat zazad kenapa kok pancasila sebagai ideologi terbuka
    kan budaya masyarakat kita dalam mencapai kata sepakat ditentukan melalui musyawarah dan konsensus dari masyarakat. oleh karena itu, bentuk dari proses pemikiran dari suatu masyarakat terbuka menjadi suatu dasar pemikiran bangsa Indonesia sekaligus bagian dari konsep perumusan pancasila sebagai dasar negara. sistem pemikiran terbuka inilah yang disebut dengan ideologi terbuka. insya Allah seperti itu
    hehe

  10. Fhitri Fauzy says:

    Carikan perbandingan idiologi antara komunisme, liberalsme, pancasila & fasisme dunk…
    nti tolong kirim k email aq ya….thax ^_^

  11. Lingi Jamela says:

    tolong carin hambatan” apa aja untuk mempertahankan pancasila sebagai idiologi terbuka dan cara penangannya .

    klo udah tolong d kirim k mail aku ya
    makasih ^_^

  12. nita dewanti says:

    mau nanya pancasila sebagai ideologi terbuka kan banyak mengandung nilai-nilai
    ada nilai dasar, nilai instrument, dan nilai praktis
    maksud ketiga tersebut banyak mengandung unsur-unsur apa ya?
    tolong di balas :)

  13. Michelle says:

    aku copy yah soalnya aku mau ngerjain pr tentang ideologi terbuka….makasih ya….makasih sebanayak-banyaaknya yaaaaaaaa………..!

  14. Rara says:

    Pancasila sebagai ideolagi terbuka?????
    Mungkin iya???tapi….
    Di Indonesia ini memang pancasila masih di tanamkan pada kehidupan sehari-hari oleh rakyat Indonesia,tapi tidak sedikit pula yang tidak lagi menggunakan pancasila di kehidupan.Sikap religius menurun,Kemanusian???banyak terjadi kasus penyimpangan kemanusian,Persatuan&Kesatuan merosot,dll….
    Jadi,bagaimanakah dgn hal_hal demikian????

  15. Rinasofiae says:

    Bisa mintak jawaban tentang masalah yg ini gk kak??

    Bagaimana sih sikap p0sitif terhadap pancasika sebagai idiologi terbuka?

    Please!
    Kasih tw du0nk..

  16. winda says:

    kak boleh tanya gak ? 4 faktor yang mendorong pemikiran pancasila sebagai ideologi terbuka menurut MOERDIONO ? terimakasih sebelumnya :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s