Protokol Gopher

berikut penjelasan gopher yang diadaptasi dari berbagai situs yang telah aku browsing:

Gopher adalah aplikasi yang dapat mencari maklumat yang ada di Internet, tetapi hanya “text base” saja, atau berdasarkan teks.Untuk mendapatkan maklumat melalui Gopher, kita harus menghubungkan diri dengan Gopher server yang ada di Internet. Gopher merupakan protocol yang sudah lama dan saat ini sudah mulai di tinggalkan karena penggunaannya tidak sesedeharna HTTP.

Gopher
Gopher adalah aplikasi perangkat lunak yang tesusun atas untaian menu sistem pencarian dan penemuan kembali. Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini adalah daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu. (http://faculty.petra.ac.id/dwikris/docs/desgrafisweb/www/3-fasilitas_internet.html)

Gopher adalah aplikasi yang dapat mencari maklumat yang ada di internet, tetapi hanya “text base” saja, atau berdasarkan teks. Untuk mendapatkan maklumat melalui gopher, ita harus menghubungkan diri dengan Gopher server yang ada di internet. Gopher merupakan protocol yang sudah lma dan saat ini mulai ditinggalkan karena penggunaannya tidak sesederhana HTTP. (http://www.kimia-chem.co.cc/2009/09/jawaban-tugas-puskim.html)

Gopher, kata ini diambil dari sebuah tim atletik The Golden Gopher pada sebuah universitas di Amerika yaitu Minnesota, atau ada yang mengartikan “go for” yang berarti mengambil. Gopher merupakan program pencari informasi yang hanya berbasiskan teks saja. Karena berbasiskan teks saja maka pencarian informasi dapat berlangsung dengan cepat. (http://zulfikri.orgfree.com/pengenalan_internet.html)

Menurut kak Sunardi, Gopher adalah:

Protokol publikasi informasi berbasis karakter yang menggunakan menu untuk mengakses teks. Menempatkan informasi yang disimpan pada internet servers dengan menggunakan hirarki menu. intinya sih mirip dengan protocol telnet (23) yang ketika diakses hanya berbasis text dan kalo contoh aplikasinya seperti system tampilan pada banyak perangkat seperti modem, router dll. ketika diremote. Beda gopher dengan web adalah gopher tidak bisa menampilkan gambar, melainkan hanya teks dan merupakan salah satu sistem yang (dulunya) ada di inet.

Gopher menggunakan port 70. sedangkan Http menggunakan port 80.

contoh gopher adalah: gopher://port70.net/1log. Bersumber dari: http://bloggingly.com/jenis-jenis-blog/

—————————————————————————————–

SEMOGA BERMANFAAT ^_^

One thought on “Protokol Gopher

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s