Memulai Pemrograman dengan Java SE (Menggunakan Netbeans)

Assalamu’alaikum…
mohon maap sebelumnya, mau tanya, itu judulnya bener nggak?? xixixi….

kali ini ada temanku yang mau belajar java. bingung juga nih, soalnya belajar java waktu itu cuma saeutik alias sedikiiiitt banget. tiba-tiba, sebelum melihat-lihat kodingnya, aku teringat sesuatu yang PALING PENTING. bagaimana cara setting Java SE supaya bisa dirunning?? GUBRAX !!! lupa yeuh… nulis “javac” di cmd, perintah tak dikenali cenah.

*kalo nggak salah path environment-nya kudu diutak-atik gimana gitu. (LUPA)

gimana ya gimana ya gimana ya ……. ???
oh iya!!! harus diinstal JDK (Java Development Kit). download dulu lah di sini kalo belum punya.
karena pakai notepad udah jadul dan lupa *caranya, jadi aku pake netbeans dulu lah. download di sini kalo belum punya juga.
Berhubung ini cuma dipake sebentaran aja, jadi aku pilih yang ukurannya paling kecil.

install dulu JDK-nya.
lanjutin install Netbeans-nya.

buka netbeans. udah?
ikuti langkah pada gambar ini:

Selanjutnya pilih jenis project….

Tentukan nama project dan class-nya. Harus samaan.

Muncullah tampilan seperti ini:

Selesai deh… tinggal nulis koding.
untuk tutorial koding java belom bisa aku tulis di sini sekarang. menyusul yak!
oh iya, ini ada link buat bantu-bantu belajar java for dummies.
DI SINI dan DI SINI

Wallahualam Bishawab😉

*)tulisan menyusul kalo udah inget atau kalau ada yang ngingetin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s