Membersihkan Virus Sality

Belum lama ini aku kena dikerjain sama virus SALITY.
Belakangan aku tahu kalau virus sality ini menghancurkan file *.exe dan nggak akan bisa pulih lagi.

akhirnya, untuk menghapus virus sality dan yang terlibat di dalamnya, yang aku lakukan adalah  install ulang. sebelum diinstall ulang, aku backup data dulu ke hdd eksternal. setelah itu, install antivirus di komputer. aku sih pake avira, rekomendasi dari teman.

sebelum nyolokin apa-apa, aku disable dulu autorun dengan cara:
run > ketik “regedit” > menuju path HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer dan HKEY_USER\.DEFAULT\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer . > doubleklik “NoDriveTypeAutorun” dan isi value data dengan “ff” > klik ok.
kemudian…
run > ketik “gpedit.msc” > pada Computer Configuration pilih software setting pilih system > doubleklik Turn off Autoplay. pilih enable pada all drives > klik ok. Pada User Configuration juga lakukan hal yang sama.
note : cara disable autorun di atas hanya berlaku pada XP. untuk windows 7 coba di Control Panel > Hardware and Sound > Autoplay.
setelah itu, restart komputernya.

kemudian baru aku scan hdd eksternalnya. benar saja!! +5rb virus dan malware bersemayam di sana.

belum puas scan pakai avira, aku deaktif avira dan aku install norton.
barulah setelah scan 2x, aku yakin komputer dan hdd eksternalku BERSIH. horaayyy!!

masalah file yang terinfeksi, ikhlaskan saja. nggak akan kembali normal lagi cermin yang retak *halah* maksudnya file yang terinfeksi. download saja lagi atau copas dari teman. sekarang, harus lebih hati-hati dalam menjaga komputer. sering-sering update antivirus! lebih baik lagi pakai juga antivirus lokal, smadav misalnya.

oh iya, setelah aku ceritakan kasus ini pada seorang temanku yang lainnya, dia menyarankan untuk menggunakan BitDefender. akan tetapi, aku masih nyaman pakai avira🙂

2 thoughts on “Membersihkan Virus Sality

  1. pitrang says:

    kabarnya udah ada program yang bisa menceraikan sality dengan file2 bertipe .exe (saya lupa namanya, mungkin kalo mbak sudah tau bisa bagi info, baru butuh).
    teman saya pernah coba, butuh 3 hari 3 malam. untuk mengurus proses perceraian tersebut…🙂
    (sayang tuh program udah ilang dari hardisk temen..)

  2. Sality, memang virus yang menjengkelkan sis. Kalau udah terkena, ada harapan kena lagi lain waktu. Sebab dia pintar meninggalkan jejak dan bisa jalan pada background

Leave a Reply

