Tampilan Blog WordPress

waaahh…. sudah lama juga ya nggak nulis lagi di blog isi pengetahuan (walaupun ala kadarnya) ini.. bukan berarti pengetahuanku nggak nambah. tiap hari nambah karena tiap hari ada “pelajaran” yang bisa dipetik. cieeh… salah satunya nih, aku baru tau kalo ternyata aku adalah “lontong”. kenapa bisa begitu? kata temenku sih itu istilah dari cowok2 yang… yang mana juga aku ndak tau lah.

yo weesss….

kembali ke topik utama.
banyak yang nanya “gimana sih cara bikin blog yang cantik” ?
sebenarnya untuk pertanyaan ini, aku belum menemukan jawaban yang tepat karena aku merasa belum membuat blog yang cantik karena cantik itu kan relatif kan yaaaa.. ?? emangnya blog aku cantik ya?? hehe….

blog wordpress ini yang sekarang aku gunakan adalah yang tidak menggunakan hosting pribadi. (apa dah istilahnya?) pokoknya yang langsung digunakan saja tanpa harus diinstall. hanya butuh sign up.

masalah appearance alias tampilan, itu bisa diatur di dashboard, pada sub menu Appearance / Tampilan.
nah, sub menu yang ada di situ juga tergantung dari template yang digunakan.
ada template yang memungkinkan user untuk mengubah header blog, ada juga yang nggak.
ada juga template yang memungkinkan user untuk mengubah background, dan lain sebagainya.

banyak sekali widget yang tersedia untuk blog, tapi sedikit sekali widget yang tersedia untuk wordpress gretongan dan tanpa hosting pribadi. itu sih pintar2 kita aja untuk mencari widget. buatku sih kebanyakan widget malah memperlambat loading blog. jadi aku lebih memilih yang sederhana, tampilan bagus, efisien, dan bikin user nggak BT baca blogku. yang terpenting adalah manfaat dan bobot dari isi blognya.

blog wordpress yang aku pakai ini memiliki beberapa kelemahan karena “kegratisan”nya.
1. CSS nggak bisa diedit.
2. terbatasnya template yang bisa digunakan. jadi pilih template yang benar2 user-friendly dengan tampilan bagus.
3. nggak bisa pasang iklan. wordpress menciptakan blog jenis ini hanya untuk share. bukan buat dapet duit. jadi bagi kamu kamu yang menggunakan blog jenis ini, luruskan niat untuk beribadah dan mengharapkan Ridha Allah S.W.T. InsyaAllah nggak sia-sia ^^

sedangkan keuntungannya adalah:
1. nggak perlu rempong ngurusin hosting.
2. loading page-nya lebih cepat.
3. data hanya akan hilang jika perusahaan wordpress hancur, bangkrut, gulung tikar.

keuntungan wordpress yang gratisan juga tapi menggunakan hosting pribadi:
1. banyak sekali pilihan template yang bisa digunakan.
2. bebas pasang iklan, bebas utak-atik blog
3. untuk widget di bagian user-page aku nggak tau ya lebih bebas penggunaannya atau tidak. belum pernah nyoba soalnya.
sedangkan kerugiannya yang paling tidak aku sukai adalah tidak tersedianya widget site stats yang mana aku sangat suka melihatnya setiap hari untuk melihat perkembangan blogku. selain itu, sub menu juga dikurangi. belum aku teliti satu per satu sih, tapi aku melihatnya ada yang kurang.. (in a glance siih…)

One thought on “Tampilan Blog WordPress

Leave a Reply

