Enterpreneur

Enterpreneur adalah orang yang membentuk ulang atau merevolusir pola produksi dengan memanfaatkan suatu penemuan atau secara lebih umum sebuah kemungkinan teknologis yang belum pernah dicoba untuk menghasilkan suatu komoditi baru atau memproduksi suatu bentuk lama dengan cara baru.

Enterpreneurship >> keahlian seseorang dalam merasakan adanya peluang-peluang bisnis dan menciptakan organisasi untuk mengejar peluang-peluang yang sesuai bagi dirinya.

Motivasi ingin membuka bisnis adalah: 50% ingin mempunyai kebebasan dengan berbisnis sendiri, hanya 18% menyatakan ingin memperoleh uang dan 10% menyatakan jawaban membuka bisnis untuk kesenangan, hobi, tantangan atau kepuasan pribadi dan melakukan kreativitas.

Wiraswasta terdiri atas tiga kata: wira, swa dan sta. Wira berarti manusia unggul, teladan, berbudi luhur berjiwa besar, berani, pahlawan/ pendekar kemajuan dan memiliki keagungan watak; swa artinya sendiri; sta artinya berdiri. Sau berarti seribu dan dagar artinya akal. Jadi saudagar berarti seribu akal.

5 tipe pokok wiraswasta:

Wiraswasta sebagai orang vak, bisnis, uang, social engineer, manager.

Mengapa Anda memulai usaha sendiri?

Untuk menciptakan lapangan kerja, Membangun perusahaan yang sukses dan menjual dengan tujuan uang, Mendapatkan penghidupan yang lebih baik daripada hanya untuk mendapatkan upah, Membuka lapangan kerja untuk anggota keluarga.

Ciri-ciri bisnis masa lalu:

Pasar relatif stabil, Jumlah pesaing tidak begitu banyak, Margin laba yang masih tinggi, Sumber daya dan dana masih mencukupi, Pembuatan keputusan penting berdasarkan intuisi dan rasio.

Ciri-ciri bisnis masa kini:

Pasar yang menjagat dan dinamis, Terjadinya diversivikasi produk, Sumber daya dan dana yang semakin langka, Persaingan tambah kuat, Margin laba yang kian turun, Perubahan yang semakin cepat terjadi, Pembuatan keputusan penting harus cepat, tepat dan lengkap.

MINDSET SUCCESS: “THE FUTURE BELONGS TO THOSE WHO BELIEVE IN THEIR DREAM”

10 Faktor sukses:

  1. Keinginan untuk sukses,
  2. Mempunyai keyakinan diri
  3. Mempunyai ide bisnis yang jelas
  4. Rencana bisnis
  5. Pemasaran yang ditargetkan
  6. Kendali mutlak pada keuangan
  7. Harus selangkah lebih maju di muka dalam persaingan
  8. Mendapat dukungan manajemen
  9. Melakukan kerjasama (relationship) dengan semua pihak.
  10. Struktur perusahaan harus jelas.

Beberapa isue kritis untuk dipertimbangkan:

  1. Kemampuan sumber finansial harus jelas
  2. Keterampilan-keterampilan manajemen untuk mengelola perusahaan
  3. Keterampilan-keterampilan teknis untuk menunjang produksi
  4. Keterampilan komersial, untuk menunjang pemasaran
  5. Kemauan untuk mendengarkan keluhan dan masukan dari para pemakai
  6. Banyak kontrak untuk melakukan networking dan relationship.

HOW TO CHANGE YOUR IDEA TO BE A MONEY MACHINE

Model Proses Kewirausahaan:

  1. Proses Inovasi

    Hal yang mndorong inovasi adalah adanya keinginan untuk berprestasi, adanya sifat penasaran, keinginan menanggung resiko, faktor pendidikan dan faktor pengalaman. Faktor environment-nya adalah peluang, pengalaman dan kreativitas.

  2. Proses pemicu (Triggering Event)

    Hal yang mendorong orang terjun ke dunia bisnis:

Adanya ketidakpuasan terhadap perkerjaan sekarang, Adanya PHK, Karena faktor usia, Keberanian menganggung resiko, Punya minat dan komitmen yang tinggi terhadap bisnis.

Faktor environment:

Adanya persaingan dalam dunia kehidupan, Ada sumber yang bisa dimanfaatkan (tabungan, warisan, dll), Ada lembaga pelatihan yang mengajarkan ilmu bisnis, Kebijaksanaan pemerintah.

Faktor sosiologi:

Adanya hubungan / relasi dengan orang lain, Ada tim yang dapat diajak kerjasama, Ada dorongan dari orangtua untuk membuka usaha, Ada bantuan famili dalam berbagai kemudahan, Ada kemungkinan masalalu dalam berusaha.

  1. Proses pelaksanaan

    faktor personal:

  • Adanya orang yang sudah siap mental,
  • Adanya pelaksana lapangan yang dapat dijadikan sebagai tangan kanan atau pembantu utama
  • Sudah punya komitmen yang tinggi terhadap bisnis.
  • Adanya visi, pandangan yang jauh kedepan guna mencapai keberhasilan

  1. Proses pertumbuhan

    faktor organisasi:

  • Sudah punya tim yang kompak untuk menjalankan usaha
  • Sudah punya strategi yang mantap
  • Adanya struktur dan budaya yang menunjang
  • Adanya produk yang dapat dibanggakan atau ada keistimewaan yang dimiliki misalnya mengenai kualitas makanan, lokasi usaha, personalia, dsb.

Empat Unsur sukses wirausaha:

  1. Kemampuan >> dapat membaca peluang di pasar, mampu berinovasi, mengelola yang baik, mampu menjual yang ada.
  2. Keberanian >> mampu mengatasi ketakutan, mengndalikan resiko dan keluar dari zona kenyamanan.
  3. Mempunyai keteguhan hati (motivasi diri) >> punya sikap presisten (ulet), pantang menyerah, determinasi atau seifat teguh akan keyakinan, memiliki kekuatan fikiran bahwa kita bisa.
  4. Inspirasi cikal bakal ide >> berhubungan dengan pengalaman dan kematangan masalalu).

Alasan mengapa orang tidak mau menjadi enterpreneur:

  1. Merasa tidak punya pengalaman
  2. Tidak merasa punya modal
  3. Tidak mempunyai keberanian untuk memutuskan
  4. Tidak ada orang yang menuntun (panutan)
  5. Takut keluar dari zona aman (tidak punya pilihan)

Tiga faktor kegagalan:

  1. Kegagalan diri sendiri (pikiran / persepsi)
  2. Dipaksa gagal oleh pihak lain seperti dijegal, diserang, dihabisi.
  3. Dipaksa gagal oleh alam (di luar kendali kita seperti banjir, benana alam, dll)

Kegagalan tidak ada sama sekali. Yang ada adalah:

  1. Berhenti mencoba
  2. Tidak ingin melanjutkan lagi, tapi beralih ke hal lain yang bisa dikerjakan
  3. Tidak siap meneriman kejadian atau akibat yang terjadi, lalu bingung bagaimana melanjutkannya lagi.
  4. Persepsi yang tidak sama dengan orang lain akan suatu kejadian.

Enam faktor penghalang menjadi enterpreneur:

  1. Rasa takut lebih besar dari ketakutan
  2. Tidak punya rasa PD
  3. Bingung dan tidak tau harus berbuat apa dan darimana mulainya
  4. Tidak punya keinginan dan malas mencoba
  5. Tidak mempunyai modal
  6. Selalu menunggu datangnya peluang emas, tapi bukan berusaha untuk menciptakan peluang.

Modal dalam memulai usaha:

Pengalaman, Pengetahuan, Skill, Keberanian, Konsep bisnis, Networking, Spiritual support, Kreativitas dan inovasi, Equity (uang / set), Keberuntungan

Apakah bisa memulai bisnis tanpa modal? Sell your self. Jual skill and khowledge, network, hobi, pengalaman, nama atau informasi yang Anda punya.

Hambatan >> ketakutan. Padahal enterpreneur adalah risk taker.

4 langkah besar:

  1. Create your power of dream
  2. Take a decision and break it up.
  3. Change your way of life, mindset and paradigm.
  4. Be a smart enterpreneur.

Pengusaha yang SMART itu…

Adalah pengusaha yang handal, strategic thinker, motivator ulung, ambisius, risk manager dan totalitas dalam bekerja.

Ciri-ciri pengusaha sukses:

Punya mimpi yang realistis, Menyukai tantangan, Memiliki ambisi dan motivasi yang kuat, Memiliki power of dream, Seorang visioner, Risk manager, Memiliki kekuatan emosi, Mampu menjual dan memasarkan produknya, Mudah bosan dan sulit diatur, Seorang problem solver, Seorang creator ulung.

7 prinsip dalam berfikir kreatif:

Berfikir berlawanan, think different, think more detail, perfection result, pasti ada jalan keluarnya, kesulitan dan inspirasi itu lekat, knowledge 1% dan imajinasi 99%.

Inspirasi >> karena insting(kemampuan menganalisa future) dan intuisi (kemampuan memprediksi masa depan berdasarkan kejadian yang belum dialami).

Inspirasi bisa timbul karena >> kesulitan orang / masalah sehari-hari, ketiadaan / kelangkaan, keprihatinan, mimpi / cita-cita yang aneh, harapan dari anak kecil, pikiran yang gila, desakan untuk bertahan hidup, kebutuhan yang belum terpenuhi, rutinitas yang menjenuhkan, permintaan pelanggan.

Peluang >> jika dibutuhkan pasar, memecahkan kesulitan yang dihadapi pasar, menyempurnakan yang sebelumnya, Benar-benar ada nilai tambahnya, inovatif, memberi keuntungan nyata, ada unsur yang dibanggakan pembeli, pasti dan bisa diwujudkan.

Kegagalan sebuah peluang >> tidak segera ambil keputusan, waktunya sudah lewat, survei tidak akurat, diambil orang, tidak ada strategi yang jelas.

Seluk beluk bisnis :

di bagian mana ingin berbisnis?

Jenis bisnis apa yang dimasuki?

Di level mana ingin memulai?

Fokus bisnis pada .. ?

Apa senjata handalan anda?

One thought on “Enterpreneur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s