Konsep Dasar OOP

Ada empat konsep dasar OOP:

  • Enkapsulasi (Encapsulation)
  • Abstraksi Data (Data Abstraction)
  • Penurunan (Inheritance)
  • Polimorfisme (Polymorphism)

Enkapsulasi atau pembungkusan

Definisi enkapsulasi adalah pembungkusan variabel dan method dalam sebuah obyek yang terlindungi. Enkapsulasi juga berarti menyembunyikan cara kerja dan sistem. Variabel dan method yang dipunyai suatu obyek, bisa ditentukan hak aksesnya. Contohnya adalah jam tangan. Jam tangan digunakan untuk mengetahui waktu, sedangkan cara jam mencatat waktu dengan ditenagai baterai atau gerak tidaklah penting kita ketahui. Dalam OOP, konsep enkapsulasi sebenarnya merupakan perluasan dari struktur dalam bahasa C.

Abstraksi data

Definisi abstraksi data adalah mengabstrakkan atau menyamarkan data-data yang ada.
Contohnya lagi adalah jam tangan. Orang tidak perlu tahu bagaimana cara jam mengatur dan merubah detik kemenit, atau menit ke jam. Orang juga tidak perlu tahu siapa yang bertanggung jawab menggerakkan jarum jam.

Pewarisan atau Inheritance

Definisi pewarisan (jika itu class) adalah sebagai pewarisan atribut dan method pada sebuah class.
Definisi pewarisan (jika itu obyek) adalah sebagai kemampuan obyek untuk mewarisi ciri-ciri obyek lainnya.
Class yang mewarisi disebut superclass, sedangkan class yang diwarisi disebut subclass. Subclass bisa berlaku sebagai superclass bagi class lainya.

Contoh pewarisan misalnya, terdapat class sepeda dan sepeda gunung. Sepeda sebagai superclass sedangkan sepeda gunung adalah subclass. Sepeda gunung memiliki variabel dan method yang dimiliki oleh sepeda. žPrinsipnya adalah persamaan-persamaan yang dimiliki oleh beberapa kelas dapat digabungkan dalam sebuah class induk sehingga setiap kelas yang diturunkannya memuat hal-hal yang spesifik untuk kelas yang bersangkutan. Suatu subclass bisa menjadi superclass bagi class yang lain.

Polimorfisme

Definisi polimorfisme adalah satu nama dapat digunakan untuk banyak tujuan yang berbeda namun berhubungan satu sama lain. Tujuannya adalah untuk memungkinkan kita memberikan nama yang sama bagi segolongan aksi atau tugas yang mirip. Contohnya luas bidang, polimorfisme sebagai method overloading
ž

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s